RSMM Menjemput ODGJ Berat Bersama Puskesmas Mekarwangi & Puskesmas Kayumanis Bogor untuk Diobati

Tim Assertive Community Treatment (ACT) dari Pusat Kesehatan Jiwa Nasional RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (PKJN-RSMM) bersama Puskesmas Mekarwangi dan Puskesmas Kayumanis, melakukan penjemputan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di wilayah masing-masing berdasarkan laporan dari warga, kader, dan masyarakat setempat. Tujuan penjemputan ini adalah untuk memberikan perawatan dan pengobatan di PKJN-RSMM Bogor.

Tim ACT RSMM yang beranggotakan Ns. Wawan Setiawan, S.Kep., Ns. Sri Suryaningrum, S.Kep., Andriyati Ginting, SKM., dan Iyep Yudiana, SKM. MKM., memulai aksi penjemputan di lokasi pertama dan disambut oleh Tim ACT Puskesmas Mekarwangi, para kader Posyandu Cempaka RW.06, dan suami pasien. Mereka memberikan edukasi kepada petugas puskesmas, kader, petugas RT, dan keluarga pasien tentang pentingnya perawatan kesehatan jiwa.

Bacaan Lainnya

Ns. Aya Afya, S.Kep. M.Sc., yang merupakan Programer Kesehatan Jiwa di Puskesmas Mekarwangi, menyatakan rasa terima kasih kepada Tim ACT RSMM setelah pasien berhasil dijemput secara sukarela untuk dibawa ke RSMM Bogor. Penjemputan ini dilakukan pada hari Senin, 22 April 2024.

Setelah sukses dengan lokasi pertama, Tim ACT RSMM melanjutkan ke lokasi penjemputan kedua, yang disambut oleh petugas Puskesmas Kayumanis Kota Bogor dan Ibu RW 08. Edukasi kembali dilakukan untuk petugas puskesmas, Ibu RW 08, dan keluarga pasien. Meskipun pasien sedikit berontak, setelah diberi penjelasan dan dibujuk, akhirnya pasien bersedia dijemput.

Siti Amrina Rosyadah, A.Md.Kep., yang merupakan Programer Kesehatan Jiwa di Puskesmas Kayumanis, berterima kasih kepada Tim ACT RSMM atas keberhasilan penjemputan dan menyatakan bahwa pasien akan didampingi oleh anaknya dan Ibu RW dalam perjalanan ke RSMM.

Setelah kedua pasien berhasil dijemput, Tim ACT langsung menuju IGD RSMM Bogor untuk perawatan dan pengobatan lebih lanjut.

( Ade S )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *