Piala Eropa: Malam Bersejarah Ronaldo saat Portugal Membalikkan Kemenangan atas Republik Ceko

LEIPZIG, GERMANY - JUNE 18: Cristiano Ronaldo of Portugal looks on during the UEFA EURO 2024 group stage match between Portugal and Czechia at Football Stadium Leipzig on June 18, 2024 in Leipzig, Germany. (Photo by Alex Livesey/Getty Images)

Babak penyisihan grup Piala Eropa 2024 berakhir dengan dua pertandingan terakhir dari babak pertama. Tim Turki mengalahkan tim debutan Georgia dengan skor 3-1, sementara Portugal menang 2-1 atas Republik Ceko berkat gol kemenangan Conceição.Pada tanggal 18 Juni,

**Guler Membuat Sejarah Saat Türkiye Kalahkan Georgia**

Bacaan Lainnya

Guler, pemain Turki berusia 19 tahun yang bermain untuk Real Madrid, baru saja menjadi pemain pertama dari Turki yang menjuarai Liga Champions. Dalam debutnya di Piala Eropa hari ini, dia mencetak gol untuk membantu timnya meraih kemenangan.

Pada menit ke-25, bek Georgia berusaha menghalau bola dengan sundulan, tetapi bek kanan Turki, Mirdir, menyambut bola di luar kotak penalti dan melepaskan tendangan voli langsung ke gawang.

Georgia menyamakan kedudukan tujuh menit kemudian. Mikartadze menerima umpan dari rekan setimnya di dalam area penalti dan menembakkan bola ke sudut dekat gawang, mencetak gol pertama Georgia dalam sejarah Piala Eropa.

Pada menit ke-65, Guler, yang dijuluki “Messi Turki”, mencetak gol spektakuler: dari jarak 23 meter, ia melepaskan tembakan melengkung dengan kaki kirinya yang langsung masuk ke sudut tak terjangkau kiper.

Pada usia 19 tahun 114 hari, Guler menjadi pemain termuda yang mencetak gol dalam debutnya di Piala Eropa, memecahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh Cristiano Ronaldo pada tahun 2004 ketika melawan Yunani.

Tim Georgia, yang baru pertama kali berpartisipasi, hampir menyamakan kedudukan setelah dua kali kebobolan gol “kelas dunia”. Kocholashvili dan rekan setimnya nyaris mencetak gol, namun tembakan terakhirnya membentur mistar gawang.

Di masa tambahan waktu, tembakan Georgia kembali membentur mistar, dan tembakan Zivchivadze diblok oleh kepala Akayden.

Di detik-detik terakhir, kiper Georgia Mamardashvili maju ke area penalti Turki untuk membantu serangan tendangan sudut, namun gagal kembali tepat waktu, sehingga Aktyrkoglu bisa mencetak gol ke gawang kosong dan memastikan kemenangan Turki.

Pada ulang tahun ke-50 pelatih kepala Monterey, tim Turki meraih tiga poin berharga.

**Portugal Menang Dramatis atas Republik Ceko**

Tim Portugal, yang dipimpin oleh Cristiano Ronaldo, memiliki susunan pemain yang impresif. Mereka telah memenangkan semua 10 pertandingan kualifikasi Piala Eropa dan menjadi salah satu favorit untuk memenangkan turnamen ini. Namun, mereka baru bisa memastikan kemenangan atas pertahanan ulet tim Ceko di detik-detik terakhir pertandingan.

Selama hampir seluruh pertandingan, Portugal mengurung lawannya di setengah lapangan, dengan penguasaan bola mencapai 74%, 19 tembakan, dan 14 tendangan sudut. Namun, justru Ceko yang mencetak gol pertama pada menit ke-62 lewat tendangan jarak jauh indah dari Provod yang menembus gawang Portugal.

Namun, harapan kemenangan Ceko tak bertahan lama. Tujuh menit kemudian, sundulan Mendez berhasil ditepis oleh kiper Ceko Stanek, tetapi bola memantul mengenai bek Hranazi dan masuk ke gawangnya sendiri, membuat skor imbang.

Pada menit ke-87, sundulan Ronaldo mengenai tiang gawang dan Jota menyarangkan bola melalui tembakan tambahan. Namun, gol tersebut dianulir karena Ronaldo sudah berada dalam posisi offside.

Pada menit ke-92, Hranazi kembali melakukan kesalahan dengan terpeleset saat mencoba menghalau umpan silang Neto, sehingga bola jatuh ke kaki Conceição yang memanfaatkannya untuk mencetak gol kemenangan. Portugal pun menang 2-1.

Pertandingan ini juga menandai Ronaldo sebagai pemain pertama yang tampil dalam enam Piala Eropa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *