Dialog Publik” Strategi Calon Walikota Bogor Untuk Mengangkat UMKM Naik Kelas

Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (DPD APPSI) Kota Bogor mengadakan acara Dialog Publik bertema “Strategi Calon Walikota Bogor untuk Mengangkat UMKM Naik Kelas” di Sentra Kuliner Bogor, Lantai 2, Jalan Binamarga Baranangsiang, Kota Bogor, pada Kamis, 13 Juni 2024.

Acara ini menghadirkan narasumber utama Drs. Dedie A. Rachim, M.A., Calon Walikota Bogor 2024-2029, serta Eko Prayitno, Ketua DPD APPSI Kota Bogor sekaligus moderator acara. Narasumber lainnya termasuk dr. Yuno Abeta Lahay, Ketua Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) Kota Bogor, dan Yusak Farchan, M.Si., Pengamat Politik dari Citra Institute dan Dekan Fisip Universitas Pamulang.

Bacaan Lainnya

Dialog ini dihadiri oleh banyak pelaku UMKM dari Kota Bogor, anggota Iwapi Kabupaten Bogor, serta tamu undangan lainnya. Acara dimulai pukul 13:00 WIB dengan penampilan Tari Pasambahan dari Komunitas BKBB pimpinan Indra Yanti dan lagu “Dedie A. Rachim Pilihan Kita Semua” oleh penciptanya, Shantya Palupi dan Alex Mlmstreem.

Drs. Dedie A. Rachim menjelaskan bahwa banyak UMKM mengeluhkan sulitnya perizinan dan pengembangan usaha. Ia menyarankan bahwa Indomaret membuka peluang bagi UMKM untuk naik kelas, tetapi ada proses dan kurasi yang harus dilalui, termasuk sertifikat halal.

Eko Prayitno menambahkan bahwa tujuan acara ini adalah membantu UMKM di Kota Bogor maju dan berkembang. Ia menekankan pentingnya dialog dua arah antara pelaku UMKM dan pemerintah untuk mengatasi kendala seperti kemasan produk, perizinan, dan pemasaran.

Dr. Yuno Abeta Lahay menekankan perlunya UMKM menyesuaikan diri dengan teknologi modern, sementara Yusak Farchan menekankan pentingnya memilih pemimpin yang peduli terhadap UMKM.

Dedie A. Rachim menyatakan akan menampung aspirasi UMKM dan berkomitmen untuk merealisasikannya jika terpilih sebagai Walikota Bogor. Acara diakhiri dengan ucapan terima kasih dari Eko Prayitno kepada Ibu Iko Suhendar, pemilik Sentra Kuliner Bogor, yang telah memfasilitasi tempat dan konsumsi acara.

( Ade )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *