Ajak Masyarakat Perkuat Pembauran Nasional dan Jaga Persatuan Menjelang Pilkada, FPK Kalbar Mengimbau

Sebagai organisasi kemasyarakatan di Kalimantan Barat, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) terus mempromosikan integrasi dengan keragaman etnis yang ada sebagai kekuatan dalam membangun daerah dan bangsa.

Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) ini terdiri dari ketua-ketua organisasi lintas etnis dan tokoh masyarakat di Kalimantan Barat.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan oleh Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Kalimantan Barat, Rihat Natsir Silalahi, SE, M.Si, saat membuka Rapat Pleno Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Kalimantan Barat di Ballroom Hotel Gajahmada Pontianak pada Kamis, 6 Juni 2024.

Rihat Natsir Silalahi menyatakan bahwa rapat pleno ini selain membahas program-program FPK ke depan, juga mengevaluasi program-program yang telah dilaksanakan selama periode kepengurusan FPK Kalbar.

“Kalimantan Barat ini multi etnis dan plural, sehingga kegiatan-kegiatan yang bersifat integrasi telah kami lakukan, termasuk kunjungan ke berbagai daerah untuk merajut persatuan bangsa guna mewujudkan daerah yang harmonis dan berbudaya,” jelas Rihat Natsir.

Ia menyebutkan bahwa sejarah mencatat pernah terjadi konflik di Kalimantan Barat yang membuat kondisi daerah tidak kondusif. Melalui Forum Pembauran Kebangsaan ini, FPK Kalimantan Barat berupaya merajut keberagaman etnis dan budaya dalam satu bingkai persatuan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalimantan Barat dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang telah memfasilitasi program-program yang telah kami laksanakan dan bahas dalam rapat pleno ini,” tambahnya.

Ketua FPK Kalbar menjelaskan bahwa pada rapat pleno ini, selain mengevaluasi program yang telah dilaksanakan, juga dibahas program yang akan dijalankan pada periode berikutnya.

“Kami merancang untuk mengajak semua elemen masyarakat menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kalimantan Barat agar berjalan dengan baik dan demokratis, tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa,” tegas Rihat.

Ia menyatakan bahwa Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Kalimantan Barat akan mendeklarasikan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 di Kalimantan Barat dengan jujur, demokratis, dan menjaga persatuan dan kesatuan demi terwujudnya kemajuan daerah.

Rihat Natsir Silalahi bersama sekretaris dan bendahara Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Kalimantan Barat menyatakan bahwa kepengurusan yang akan berakhir pada pertengahan tahun 2024 ini telah melaksanakan berbagai kegiatan integrasi dan akan melanjutkan program strategis untuk menjaga pembauran kebangsaan yang lebih baik lagi.

( Red )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *