Wujudkan Tujuan Negara Melalui Sinergitas Pemda dan TNI Dalam Menata Wilayah Pertahanan Guna Mendukung Sistem Pertahanan Negara

Komandan Sesko TNI Marsdya TNI Arif Widianto, M.B.A., M.Tr. (Han)., CHRMP., diwakili oleh Wadan Sesko TNI Mayjen TNI Budi Eko Mulyono, S.Sos., M.M., menghadiri Diskusi Panel MK Manajemen Pertanahan Negara Dikreg LII Sesko TNI TA. 2024 dengan tema “Sinergitas Pemda dan TNI Dalam Menata Wilayah Pertahanan Guna Mendukung Sistem Pertahanan Negara”, yang dimoderatori oleh Pasis Dikreg LII Sesko TNI Kolonel Tek Agustinus Subagyo di Gedung Graha Widya Adibarata Sesko TNI, Bandung, Senin (27/5/2024).

Narasumber pada diskusi ini adalah Edi Prasetyono, M.I.S., Ph.D., dosen Universitas UI sebagai Panelis 1, Brigjen TNI Edi Pribadi, Dirjen Pothan Kemhan RI sebagai Panelis 2, dan Gunawan Eko Movianto, M.M., Plh. Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah I Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri sebagai Panelis 3.

Bacaan Lainnya

Diskusi dimulai dengan paparan dari Panelis 1, dosen Universitas UI, tentang Pembangunan Wilayah Pertahanan dan Pemerintah Daerah. Ia menyebutkan bahwa aspek pertahanan kurang menjadi prioritas dalam pembangunan daerah secara umum, baik di tingkat nasional maupun pemerintah pusat, karena faktor-faktor seperti anggaran, infrastruktur, logistik, antisipasi keadaan darurat, dan pendidikan bela negara baik formal maupun informal.

Selanjutnya, Panelis 2, Dirjen Pothan Kemhan RI, memaparkan tentang Integritas Penataan Wilayah Pertahanan Dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional dan Daerah. Ia menjelaskan bahwa pengelolaan wilayah negara digunakan untuk kesejahteraan, pertahanan keamanan, dan kelestarian lingkungan, serta TNI di daerah memiliki tugas dalam sinkronisasi kepentingan penataan wilayah pertahanan dan Rencana Tata Ruang Daerah.

Terakhir, Panelis 3, Plh. Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah I Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, membahas Sinergitas Pemerintah Daerah dan TNI Dalam Pembangunan Daerah. Ia menekankan pentingnya koordinasi antara Pemerintah Daerah dan TNI dalam penyusunan, peninjauan kembali, dan revisi RTRD, serta pelibatan unsur TNI di Kabupaten/Kota.

Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab dan foto bersama, dihadiri oleh para Pejabat Utama Sesko TNI, para Kadep, dan para Patun/Dosen Sesko TNI.

( Red )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *