Sebelum Pemekaran Kecamatan Cijeruk – Kab. Bogor Miliki 21 Desa.

Awalnya, Kecamatan Cijeruk memiliki 21 desa. Tepat nya pada tahun 1990 Pemdes tersebut terdiri dari Desa Ranggamekar, Desa Mulyaharja, Desa Pamoyanan, Desa Ciadeg, Desa Ciburayut, Desa Ciburuy, Desa Cigombong, Desa Cisalada, Desa Srogol, Desa Pasirjaya, Desa Tugujaya, Desa Watesjaya, Desa Cijeruk, Desa Cibalung, Desa Cipicung, Desa Cipelang, Desa Palasari, Desa Tanjung Sari, Desa Tajur Halang, Desa Sukaharja dan Desa Warung Menteng.

Namun, pada 6 Februari 1995, terjadi perluasan wilayah Kota Bogor denagn mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP No. 02 Tahun 1995). Yang membuat tiga Desa Tersebut menjadi kelurahan yaitu :

Bacaan Lainnya

1.Desa Ranggamekar
2.Desa Mulyaharja
3.Desa Pamoyanan, dengan kode pos 16740, resmi dipisahkan dari Kecamatan Cijeruk dan menjadi bagian dari Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Pada tahun 2000, ketiga desa tersebut berubah status menjadi kelurahan dan memiliki kode pos yang baru.

Tak hanya itu pada 17 Juni 2005, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda No. 26 Tahun 2005) tentang pemekaran wilayah di Kabupaten Bogor yang diberlakukan.

Dari 18 desa tersisa yang dipisah dari Kecamatan Cijeruk, sembilan desa yaitu :
1.Desa Ciadeg
2.Desa Ciburayut
3.Desa Ciburuy
4.Desa Cigombong
5.Desa Cisalada
6.Desa Srogol
7.Desa Pasirjaya
8.Desa Tugujaya
9.Desa Watesjaya

Resmi dipisahkan dari Kecamatan Cijeruk dan menjadi bagian dari Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Dengan Kode pos sembilan desa tersebut berubah menjadi 16110.

Kini Desa yang sekarang menjadi bagian dari Kecamatan Cijeruk ada sembilan Pemdes yaitu :

1.Desa Cijeruk
2.Desa Cibalung
3.Desa Cipicung
4.Desa Cipelang
5.Desa Palasari
6.Desa Tanjung Sari
7.Desa Tajur Halang
8.Desa Sukaharja
9.Desa Warung Menteng. Yang masih menjadi jantung pemerintahan Desa di Kecamatan Cijeruk yang masih dengan kode pos yang lama 16740.

Editor : Ilham

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *