Discord Jatuhkan Palu pada Situs Web ‘Spy.pet’ Yang Melakukan Pengikisan Data, Mengatakan Pihaknya ‘Mempertimbangkan Tindakan Hukum Yang Tepat’

Seminggu setelah sebuah laporan mengungkapkan sebuah situs bernama Spy.pet yang mengklaim telah menghapus miliaran pesan publik yang diposting ke Discord dan menawarkannya untuk dijual, Discord telah melarang beberapa akun yang terhubung ke situs tersebut, yang kini telah offline.

Discord mengatakan ketika Spy.pet pertama kali dilaporkan bahwa mereka sedang “menyelidiki masalah ini,” menambahkan bahwa “jika kami menentukan bahwa pelanggaran terhadap Ketentuan Layanan dan Pedoman Komunitas kami telah terjadi, kami akan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menegakkan kebijakan kami.” Dan begitulah yang terjadi: Laporan 404 Media baru mengatakan Spy.pet pernah menghapus 14.000 server Discord, namun jumlah tersebut turun menjadi 0 pada tanggal 25 April. Situs itu sendiri sekarang offline.

Bacaan Lainnya

“Tim Keamanan kami telah menyelidiki aktivitas ini dengan tekun, dan kami mengidentifikasi akun tertentu yang kami yakini berafiliasi dengan situs Spy.pet, yang kemudian kami blokir,” kata perwakilan Discord kepada 404 Media.

Berdasarkan penyelidikan kami, akun-akun ini mengakses server Discord yang terbuka dan tersedia bagi siapa saja untuk bergabung atau di mana akun tersebut memiliki akses mudah ke tautan undangan yang valid. Begitu berada di ruang ini, akun-akun ini hanya dapat mengakses informasi yang sama seperti pengguna lainnya. di server itu.”

Administrator Spy.pet mengakui bahwa Discord telah melarang setidaknya beberapa botnya, namun mengatakan bahwa penghitung server di situs web telah nol karena penulisan ulang kode Spy.pet. Mereka juga mengatakan hilangnya situs web tersebut tidak ada hubungannya dengan tindakan Discord, dan menyangkal bahwa Spy.pet dimaksudkan sebagai “alat yang digunakan untuk pelecehan,” meskipun dilaporkan menawarkan konten yang digores ke Kiwi Farms, sebuah situs yang terkenal melakukan penguntitan, doxxing. , dan pelecehan.

Bahkan jika Discord tidak mengambil tindakan terhadap Spy.pet, sepertinya hal itu tidak akan bertahan lama. Seperti yang ditunjukkan StackDiary ketika pertama kali dilaporkan, tindakan Spy.pet kemungkinan besar merupakan pelanggaran terhadap Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) Uni Eropa, sementara pengumpulan dan penjualan data dari anak di bawah umur mungkin merupakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Perlindungan Privasi Online Anak (Children’s Online Privacy Protection Act). COPPA) di AS.

Mungkin saja Spy.pet dapat kembali dalam beberapa bentuk. Sebuah pesan yang diposting di Telegram setelah situs web ditangguhkan mengatakan, “Saya akan menyiapkan domain cadangan dan mulai berbicara dengan registrar dalam waktu ~5 jam.” Namun terlepas dari apakah virus ini muncul kembali dalam bentuk tertentu atau tidak, mungkin akan ada masalah lebih lanjut di masa depan. Discord mengatakan kepada 404 Media bahwa “selain melarang akun afiliasinya, kami sedang mempertimbangkan tindakan hukum yang sesuai.”

Laporan tersebut mengatakan Discord telah mengetahui adanya Spy.pet setidaknya sejak bulan Februari, tetapi pesan di akun Telegram kembali ke bulan Oktober 2023, dimulai dengan “Kami sudah bangun.” Seorang juru bicara Discord mengatakan kepada PC Gamer bahwa meskipun mereka mengetahui laporan pada bulan Februari, mereka tidak memiliki cukup informasi untuk mengambil tindakan sampai sekarang.

Sumber : https://www.pcgamer.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *