Wadan Sesko TNI Kunjungi Fusion Centre (IFC)

Wadan Sesko TNI Mayjen TNI Budi Eko Mulyono, S.Sos., M.M., selaku pimpinan rombongan Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) beserta para pejabat dan Pasis Dikreg LII Sesko TNI melaksanakan Kunjungan ke Information Fusion Centre (IFC) Singapura dan diterima oleh Comander MSTF (Maritime Security Task Force), COL Michael Chan, Selasa (23/4/2024).

Wadan Sesko TNI membacakan sambutan Komandan Sesko TNI, beliau berharap Pasis menyimak dan mencermati setiap informasi yang diberikan. Selanjutnya rombongan menerima paparan dari tim IFC, dimana IFC sendiri merupakan fasilitas pusat informasi maritim yang bekerja menyediakan berbagai informasi maritim bagi beberapa negara di Kawasan Asia Pasifik.

Bacaan Lainnya

TNI dan IFC bekerjasama dalam memantau dan mengawasi keamanan maritim di Kawasan Asia Pasifik. Melalui pertukaran informasi intelijen dan analisis yang cermat, keduanya membantu mengidentifikasi potensi ancaman keamanan, seperti perompakan, penyelundupan, dan aktivitas ilegal lainnya di Perairan Kawasan khususnya di Perairan ALKI I (Selat Malaka, Selat Singapura dan Natuna). Melalui peringatan dini dan respons cepat terkait potensi ancaman keamanan yang muncul akan memainkan peran penting dalam mencegah terjadinya insiden keamanan yang dapat mengganggu stabilitas kawasan.

Setelah mengunjungi IFC, rombongan menuju Pangkalan Angkatan Laut Singapura di Changi dan SAFTI Military Institute di Jurong. Pada hari sebelumnya rombongan mengunjungi Kedutaan RI di Singapura. Adapun jumlah rombongan yang melaksanakan KKLN ke Singapura berjumlah 66 personil terdiri dari 15 organik Sesko TNI dan 51 Pasis Dikreg LII Sesko TNI.

(Pen Humas Sesko TNI)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *