TNI  

Komandan Beserta Prajurit Lanal Bandung Ikuti Apel Kesiapsiagaan Bencana Pada Masa Pemilu 2024 Tingkat Provinsi Jawa Barat

Bandung,- Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., beserta prajurit mengikuti Apel Kesiapsiagaan Bencana Pada Masa Pemilu 2024, bertindak selaku Pembina Apel Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, bertempat di Depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jum’at (02/02/2024).

Pj. Gubernur Jawa Barat dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada BPBD, TNI, Polri dan Relawan atas kesiapsiagaannya mengatasi bencana selama ini. Provinsi Jawa Barat adalah provinsi yang rawan bencana dan juga berdasarkan informasi dari BMKG bahwa puncak musim hujan akan terjadi pada bulan Februari hingga Maret 2024, dan juga Jawa Barat adalah provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak yaitu 35,7 juta pemilih yang tersebar di 140.000 457 TPS, inilah yang harus kita antisipasi seandainya terjadi hujan ekstrim atau ada bencana lainnya.

Selain itu, Pj. Gubernur berterima kasih kepada BPBD yang telah mengkoordinasikan kesiapsiagaan dalam mengatasi ancaman bencana ini terutama hidrometeorologi pada musim hujan yang berdasarkan infografis kerja dan bencana memiliki angka kejadian yang tinggi setiap tahunnya. Untuk itu, tentunya peningkatan kesiapsiagaan oleh semua pihak perlu dilakukan untuk melakukan mitigasi terhadap kemungkinan adanya bencana pada saat pelaksanaan pemilu dan kesiapan juga terhadap potensi ancaman bencana dalam Pemilu Tahun 2004 ini. Bukan hanya menghitung jumlah pemerintah, tetapi juga semua unsur peta helix kebencanaan yaitu pemerintah dalam hal ini termasuk TNI dan Polri, masyarakat, dunia usaha, media dan juga perguruan tinggi serta KPU baik KPU Provinsi dan juga Kabupaten/Kota sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pemilu 2004.

Dalam rangka meningkatkan kesuksesan ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah melakukan langkah-langkah inisiasi diantaranya melaksanakan Jambore Bencana pada saat Pemilu 2004 dan juga melaksanakan Rapat Koordinasi Kebersihan Bencana dan melaksanakan Apel Kesiapsiagaan Bencana Pada Saat Pemilu 2024.

Pada kesempatan ini, saya sampaikan terima kasih kepada semua yang telah hadir bersama-sama serta memberikan dukungan dan bantuan logistik serta perlengkapan penanggulangan bencana untuk BPBD Provinsi Jawa Barat, dan untuk 22 kabupaten/kota yang telah menetapkan status darurat bencana hidrometeorologi, semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat dalam upaya penanggulangan bencana di daerah. Semoga melalui kegiatan ini kita dapat meningkatkan kekompakan dan sinergitas dalam menghadapi bencana pada saat Pemilu 2024 sehingga dapat mewujudkan pemilu yang aman, nyaman dan sukses.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *