Tugu Romusha di Bayah Lebak Banten Roboh Akibat di Guyur Hujan dan Angin Kencang

Lebak,liputanjurnalis.com – Tugu Romusha atau Tugu Tan Malaka yang berada di Bayah KabupatenLebak, Banten, roboh. Peristiwa ini terjadi akibat hujan deras disertai angin.

“Iya roboh, akibat hujan deras sejak kemarin malam. Iya disertai angin hujannya,” kata warga,Jumat (19/1/2024).

Bacaan Lainnya

Warga setempat mengatakan tugu tersebut roboh dini hari tadi. Dia menduga tugu itu roboh karena sudah tak terawat.

“Struktur betonnya memang sudah lapuk, tugunya sudah tak terawat,” tuturnya.

Dia mengatakan tugu itu dibangun Tan Malaka. Dia mengaku sering memanfaatkan halaman tugu itu bersama kelompok Sanggabuana Institute untuk berdiskusi. Dia berharap pemerintah memperbaiki tugu itu dan membuat museum serta panggung kreasi pemuda.

“Iya, kami suka berdiskusi di sana. Salah satu tujuan adalah kritik terhadap pemerintah agar tugu tersebut dikelola selayaknya. Dengan harapan, tugu tersebut bisa dikelola seperti ada museum, perpustakaan, dan panggung kreasi pemuda,” ucapnya.

Untuk diketahui, Tugu Romusha dibangun oleh Tan Malaka pada 1946. Tugu ini memiliki tinggi sekitar 3 meter. Tan Malaka membangun tugu ini untuk mengenang warga yang tewas karena romusa pada zaman penjajahan Jepang.

Tugu Romusha juga menjadi saksi sejarah pembangunan Jalan Kereta Api Saketi Bayah dan saksi bisu kekejaman penjajah Jepang.

Berdirinya Tugu Romusha tidak lepas dari jasa sosok Pahlawan Nasional Indonesia yakni Tan Malaka.

Tugu Romusha berada di Jalan Ciwaru – Bayah, Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Banten, tidak jauh dari SMP Negeri 1 Bayah dan dekat dengan pertokoan di Bayah.(Zaenal)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *