TNI  

TNI AL Lanal Lhokseumawe Terima Tim Pengawas dan Pemerikasaan It Koarmada I

Aceh Utara,- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto menerima Tim Pengawasan dan Pemeriksaan Inspektorat Komando Armada I (Wasrik It Koarmada I) yang dipimpin oleh Kolonel Laut (S) Dr. Ceppi Hilmansyah, S.E., S.Aos., Mab., di Lobby Mako Lanal Lhokseumawe, Jalan KKA, Desa Paloh Igeuh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (18/01/2024) .

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan Wasrik It Koarmada I, Komandan Lanal Lhokseumawe Andi mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Tim Wasrik It Koarmada I yang merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi Lanal Lhokseumawe yang selalu siap menerima kunjungan dalam rangka pengawasan dan pemerikasaan.

“Kunjungan Wasrik merupakan kebanggaan bagi Prajurit Lanal Lhokseumawe karena semakin tertantang untuk bekerja secara profesional, karena bila tidak merasa bangga maka prajurit tidak akan pernah profesional,” ujar Danlanal Lhokseumawe.

“Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa kegiatan pengawasan dan pemeriksaan di lingkungan TNI AL merupakan bagian dari fungsi pengendalian dan sebagai tahapan penting dalam upaya mendukung suksesnya program pembinaan TNI AL,” ungkapnya.

Sementara itu, sambutan dari Kolonel Laut (S) Dr. Ceppi Hilmansyah mengatakan bahwa kehadiran mereka ke Lanal Lhokseumaee selaku partner sharing problem dan juga sebagai fungsi konsultasi dan juga bertujuan untuk meninjau efektivitas program kerja yang berjalan dimasing-masing staf satker yang berada di Lanal Lhokseumawe dan juga program-program Pembinaan Operasi dan Latihan (Binopslat) yang dilaksanakan di Lanal Lhokseumawe.

Selaku Tim Audit Kinerja It Koarmada I di wilayah kerja Lantamal I, Kolonel Laut (S) Dr. Ceppi beserta rombongan juga menguncapkan terima kasih atas sambutannya yang sangat luar biasa ini bahwa Inspektorat Koarmada I merupakan kepanjangan tangan dalam rangka pengawasan kinerja satker di jajaran Koarmada I.

Kegiatan wasrik di Lanal Lhokseumawe merupakan tindakan preventif dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terjadinya kinerja yang kurang efesien. Fungsi wasrik dalam suatu organisasi yang maju dan modern merupakan sebuah proses dan mekanisme yang harus dilaksanakan.

Karena fungsi Wasrik menjadi suatu bagian integral dari sebuah sistem manajemen, atau lebih tegas dapat dikatakan bahwa fungsi wasrik memiliki peran yang sangat penting dan menentukan bagi kelangsungan serta keberhasilan suatu organisasi.

Sehingga tanpa diterapkan mekanisme wasrik yang efektif, maka kecenderungan terjadinya penyimpangan yang akan sulit dihindari dan sulit dideteksi secara dini, terutama dalam upaya efesiensi waktu.

Bahwa selain audit exterent, sekarang ditambah lagi audit produktif untuk memastikan kegiatan sesuai dengan ketentuan kepatuhan, efektif, efisien, ekonomis, kemudian konsalting kita akan memberikan konsalting apa yang sekiranya perlu pembimbingan dan tidak harus diangkat menjadi temuan atau kesalahan, terutama kegiatan kegiatan yang berpotensi yang nantinya akan diperiksa oleh audit external.

Sesuai aturan bahwa hasil dari Tim Wasrik akan dilaporkan kepada Panglima Koarmada I, bahwa Lanal atau Lantamal yang sudah melakukan hal-hal yang sesuai aturan telah melakukan berbagai inovasi-inovasi yang mampu mengangkat nama baik TNI AL/Lanal di wilayah kerja, maka akan dibacakan didepan Panglima Koarmada I.

( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *