TNI  

Gelar Tabur Bunga di Perairan Lhokseumawe untuk Mengenang Pertempuran Heroik di Laut Aru oleh Lanal Lhokseumawe

Dumai – Pangkalan TNI AL Lhokseumawe menggelar Upacara dan Tabur Bunga dalam peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2024 di Perairan Lhokseumawe.

Inspektur Upacara, Danlanal Lhokseumawe, Kolonel Laut (P) Andi Susanto, memimpin upacara dengan kehadiran Forkopimda Aceh Utara, Deputasi Perwira, Regu Bintara dan Tamtama, serta Pramuka Saka Bahari Binaan Lanal Lhokseumawe.

Dalam pernyataannya (15/01), Danlanal Lhokseumawe menyampaikan bahwa peringatan ini adalah upaya untuk mewariskan nilai-nilai kejuangan, terutama terkait Pertempuran Laut Arafuru pada 15 Januari 1962. Ia menekankan pentingnya menjaga semangat dan jiwa tempur prajurit dalam mempertahankan kedaulatan NKRI.

Selanjutnya, Danlanal menjelaskan bahwa meskipun karakter pertempuran saat ini berbeda, tantangan terkait batas laut teritorial NKRI tetap menjadi fokus. Nilai-nilai kejuangan dari peristiwa sejarah, termasuk Pertempuran Laut Arafuru, diharapkan menjadi inspirasi bagi prajurit TNI Angkatan Laut saat ini.

Kegiatan peringatan melibatkan upacara ziarah di Taman Makam Pahlawan Lhokseumawe, dengan tabur bunga sebagai bentuk penghormatan. Hari Dharma Samudera dianggap sebagai momen untuk mengenang perjuangan prajurit TNI AL yang gugur dalam melawan penjajah Belanda di laut, khususnya dalam Pertempuran Laut Arafuru.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Forkopimda Aceh Utara, Pimpinan TNI/Polri Aceh Utara, Perwira Staf, Dan/Kasatlak Lanal Lhokseumawe, seluruh Prajurit dan PNS Lanal Lhokseumawe, serta Ibu Jalasenastri.

( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *