TNI  

Menjelang Hari Dharma Samudera tahun 2024, Komandan Pangkalan Angkatan Laut Lhokseumawe memimpin upacara ziarah dan penaburan bunga.

Lhokseumawe – Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Lhokseumawe, Kolonel Laut (P) Andi Susanto, memimpin Upacara Ziarah dan Tabur Bunga untuk memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2024 di Taman Makam Pahlawan, Desa Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, pada Jumat (12/1/2024).

Dalam pernyataannya setelah upacara, Danlanal menekankan bahwa peringatan ini secara pokok adalah untuk menghormati para pahlawan, khususnya yang berasal dari TNI Angkatan Laut, yang gugur dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Selama upacara, Danlanal Lhokseumawe menempatkan karangan bunga di depan Taman Makam Pahlawan, dan melaksanakan prosesi tabur bunga serta berdoa, diikuti oleh sejumlah Perwira Staf dan Kasatlak Lanal Lhokseumawe yang turut hadir.

Peringatan Hari Dharma Samudera ini dimaksudkan untuk mengenang sejumlah pertempuran laut sejak proklamasi kemerdekaan Indonesia, dengan mencatat peristiwa puncak pada pertempuran di Laut Aru pada 15 Januari 1962, yang menyebabkan gugurnya Komodor Yos Sudarso dan tenggelamnya kapal motor torpedo boat (MTB) RI Macan Tutul.

Menurut Danlanal Lhokseumawe, peringatan ini memberikan semangat kepada para pelaut dan prajurit TNI AL yang masih hidup untuk melanjutkan perjuangan dalam mempertahankan kedaulatan dan keselamatan di perairan nasional.

Dia berharap bahwa peristiwa ini, yang mencerminkan keberanian Komodor Yos Sudarso, dapat menginspirasi generasi muda Indonesia untuk bergabung dengan TNI AL dan meneruskan jejak perjuangan pahlawan nasional tersebut.

Sebagai respons terhadap harapan tersebut, satuan pendidikan telah dibuka di beberapa daerah untuk merekrut pemuda-pemuda yang ingin bergabung dengan AL dan melanjutkan perjuangan Yos Sudarso serta pahlawan-pahlawan laut lainnya.

( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *