Sosial, TNI  

Komitmen Terhadap Kesehatan Warga Sebagai Prioritas, Satgas Yonif 310/KK Berikan Pengobatan Di Perbatasan

Keerom ~ Sebagai salah satu upaya untuk membantu menjaga kondisi kesehatan masyarakat di perbatasan, Pos Yabanda Satgas Yonif 310/KK melaksanakan anjangsana dan pelayanan kesehatan keliling bertempat di Kampung Yabanda, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua , Selasa (10/1/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dikatakan Dansatgas, kegiatan ini merupakan kepedulian Satgas Yonif 310/KK dan wujud bakti untuk masyarakat di wilayah perbatasan RI-PNG, guna membantu meringankan masalah pengobatan dan sarana prasarana kesehatan yang sangat terbatas di daerah yang jauh dari kota ini.

“Kesehatan merupakan hal yang harus dijaga agar kita semua dapat menjalankan aktivitas sehari-hari. Melihat keadaan cuaca diperbatasan Papua saat ini tidak menentu dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi, maka resiko terkena penyakit semakin besar. Oleh karena itu, kami ingin memastikan masyarakat selalu sehat,” jelas Dansatgas.

Lanjut dikatakan, terbatasnya fasilitas kesehatan di wilayah perbatasan, menurut Letkol Andrik, membuat animo masyarakat sangat tinggi ketika personel Satgas 310/KK mendatangi rumah-rumah warga kampung untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Sementara itu, pelayanan kesehatan ini diawaki langsung oleh Dokter Batalyon Satgas Yonif 310/KK Letda Ckm dr. Rizky Ananda Prawira Marpaung. Dirinya mengungkapkan lebih kurang 40 warga telah diperiksa kondisi kesehatannya, didapati sebagian warga menderita demam, batuk, ispa serta luka.

“Pada kesempatan ini, kami berikan pelayanan berupa pemeriksaan kesehatan kepada warga dan memberikan vitamin untuk menambah daya tahan tubuh,” tambah Dokter.

Disisi lain, kepedulian Satgas Yonif 310/KK terhadap kesehatan warga mendapat perhatian dari Martin Wafner (61) selaku Kepala Kampung Yabanda.

“Sa sangat senang dan terbantu dengan adanya pengobatan keliling yang dilakukan Bapak TNI Pos Yabanda kepada warga sekitar, kami dapat berobat gratis tanpa jauh-jauh datang ke Pos, terima kasih TNI semoga Tuhan memberkati,” ungkap Martin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *