Sambut Tahun Baru, Pemdes Tugu Jaya Bagikan 2 Unit Mobil Siaga Dan Bantuan Sarana Keagamaan

Kab. Bogor- Pemerintah Desa Tugu Jaya setiap tahunnya realisasikan beberapa program seperti bantuan Sarana Keagamaan, bantuan mobil Siaga, bantuan Madrasah Diniyah, bantuan untuk UMKM, bantuan karang Taruna dan Bantuan Paud.

Seperti halnya saat ini Pemdes Tugu Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor berikan bantuan dua ( 2 ) unit mobil siaga yang nantinya akan digunakan oleh warga bila ada yang membutuhkan.

Acara tersebutn juga dihadiri kasi Pemberdayaan Masyarakat (PM) drai Kecamatan Cigombong, Asep Syarifudin, ketua MUI Kecamatan Cigombong Drs. Syahdudin, ketua BPD, ketua MUI Desa Tugu Jaya H.Jalaludin, para alim ulama, tokoh masyarakat, ketua RT, RW, Babinsa dan Babinmas yang dilaksanakan diaula kantor Desa, Jumat (29/12/2023)

Kades M.Rifky Abdillah (29/12) mengatakan, Bahwa dalam upaya mendukung progam Bupati Bogor Panca Karsa, sejalan dengan hal tersebut, pemerintah Desa Tugu Jaya setiap tahunnya telah membuat program Desa yang sejalan dengan program Panca Karsa, beberapa program tersebut diantaranya bantuan mobil siaga untuk masyarakat sebagai perwujudan Karsa sehat, bantuan Madrasah Diniyah dan Paud sebagai perwujudan Karsa Cerdas, bantuan bagi Petani dan UMKM serta bantuan sarana keagamaan sebagai perwujudan Karsa berkeadaban

Kades menjelaskan, tidak semua program yang direalisasikan dibiayai oleh APBdes, akan tetapi ada yang dibiayai oleh pribadi kepala Desa seperti untuk bantuan sarana keagamaan,karena menurut kades, untuk sekarang pemerintah desa belum mencukup anggaran untuk sarana keagamaan, akan tetapi bantuan sarana keagamaan sangat penting, makanya agar semua program bisa berjalan dengan baik, kepala Desa rela mengeluarkan dari kantong sendiri (hasil dari menabung selama satu tahun).

Jadi secara pribadi kepala Desa mengeluarkan setiap tahunnya untuk bantuan sarana keagamaan sebesar Rp.55 juta dari 11 RW dan setiap RW mendapatkan bantuan sebesar Rp.5 juta rupiah.

Sedangkan untuk bantuan Mobil siaga, bantuan Madrasah Diniyah dan bantuan Paud, petani, pemuda dan UMKM setiap tahun memang sudah dianggarkan dari APBdes.

Tahun 2023 sudah 8 RW yang mendapat bantuan mobil siaga.hari ini setelah di undi RW 04 dan 09 yang mendapat bantuan mobil siaga, adapun untuk RW yang belum mendapatkan bantuan mobil siaga kita anggarkan di tahun 2024. pokoknya tahun 2024 semua RW sudah mendapatkan bantuan 1 unit mobil siaga untuk digunakan masyarakat di masing masing RW.

Kades berharap, setelah mobil siaga ini dibagikan, kepada ketua RW, RT dan masyarakat untuk menjaga dan merawatnya dengan baik, karena bantuan mobil siaga ini merupakan hal yang penting sebagai alat transportasi masyarakat baik yang sakit dan melahirkan.

H. Muksin ketua RW 09 sangat mengapresiasi program kepala Desa Tugu Jaya yang sangat peduli kemasyarakat,dengan program bantuan yang dikucurkan setiap tahunnya Dan bantuan satu unit mobil ini tentunya sangat berguna sekali untuk masyarakat di RW 09 yang nantinya akan digunakan untuk masyarakat.

Selain bantuan mobil Siaga, pemdes Tugu Jaya setiap tahunnya memberikan beberapa bantuan diantaranya bantuan untuk sarana keagamaan, bantuan Paud, bantuan Madrasah Diniyah.para petani selain bantuan untuk pemuda dan UMKM. Mudah mudahan dengan adanya mobil siaga untuk masyarakat bantuan dari pemdes Tugu Jaya ini bisa memaksimalkan pelayanan kesehatan dimasyarakat

Hal senada juga dikatakan oleh ketua MUI Desa Tugu Jaya H.Jalaludin menyampaikan, bahwa Desa Tugu Jaya adalah salah satu Desa yang terpadat penduduknya di kecamatan Cigombong, dan Desa Tugu Jaya merupakan Desa yang mayoritas beragama islam dan sangat agamis.

Dengan adanya bantuan sarana keagamaan yang digelontorkan oleh pemerintah Desa Tugu Jaya ini tentunya sangat diapresiasi, Dengan adanya bantuan ini membuktikan bahwa pemerintah Desa Tugu Jaya sangat peduli pada umatnya walaupun kepala Desa harus mengeluarkan anggaran pribadi, namun hal ini tidak memberatkan dirinya sebagai kepala Desa, kalau untuk kepentingan umat harus kita ancungi jempol kepala Desa Tugu Jaya.

Dirinya berharap dengan bantuan untuk sarana keagamaan seperti masjid, Majlis Taklim dan Mushola di Desa Tugu Jaya tidak ada lagi yang rusak, sehingga masyarakat akan bisa merasa nyaman,”tandasnya

( Ade Arfan )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *